Sabtu, 11 Januari 2020

Penyebab Indikator bensin mobil ngaco

Meskipun jarang terjadi, indikator bensin mobil yang ngaco bisa membuat susah selama perjalanan, apalagi jika mobil digunakan untuk menempuh perjalanan jauh seperti mudik misalnya. Indikator bensin mobil yang ngaco bisa membuat bingung dalam menentukan kapan kita harus kembali masuk ke depo pengisian bahan bakar.

Indikator bensin mobil ngaco bisa di tandai dengan indikator yang tetap di posisi kosong (E) meskipun bahan bakar sudah kita isi penuh, atau sudah di isi penuh tapi jarum penunjuk hanya berada di posisi tengah saja.

Kondisi ini tentunya bisa membuat was-was selama perjalanan karena kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan bisa saja terjadi secara tiba-tiba akibat kesalahan membaca indikator bensin.

 indikator bensin mobil yang ngaco bisa membuat susah selama perjalanan Penyebab Indikator bensin mobil ngaco

Lantas, apa yang menjadi penyebab indikator bensin mobil ngaco ini ? pada artikel berikut, ombro akan membahas apa saja penyebab-penyebab yang bisa menimbulkan masalah indikator bensin mobil ngaco, simak infonya di bawah berikut ini


1. Kumparan pada fuel gauge sender aus


Penyebab indikator bensin mobil ngaco yang pertama dan paling sering terjadi adalah akibat kumparan pada fuel gauge sender mengalami keausan. Fuel gauge sender ini merupakan kumparan yang membentuk sebuah variabel resistor dan terhubung dengan pelampung bahan bakar.

Fuel gauge sender ini terletak di dalam tangki bahan bakar. Saat ketinggian bahan bakar (bensin) di dalam tangki berubah, maka nilai tahanan pada kumparan fuel gauge sender ini juga akan berubah. Perubahan nilai tahanan ini akan mempengaruhi nilai tegangan yang akan mengalir ke fuel gauge indicator (indikator bensin di dashboard pengemudi).

Seiring dengan lamanya masa pakai kendaraan, umumnya kumparan pada fuel gauge sender ini lambat laun akan mengalami keausan. Akibatnya indikator bensin mobil akan ngaco dan tidak dapat menunjukkan level ketinggian bahan bakar dalam tangki dengan benar.


2. Kumparan pada fuel gauge indicator lemah


Penyebab indikator bensin mobil ngaco yang berikutnya adalah akibat kumparan pada fuel gauge indicator lemah. Fuel gauge indicator adalah indikator bensin yang ada di dashboard dan akan menunjukkan level ketinggian bahan bakar yang ada di dalam tangki.

Ada dua model indikator bensin pada kendaraan yang saat ini ombro ketahui, model jarum dan model digital. Model jarum menggunakan kumparan yang akan menggerakan jarum sesuai posisi level ketinggian bahan bakar dalam tangki , sedangan model digital menggunakan IC.

Jika saat ini mobil sobat masih menggunakan indikator bensin model jarum, maka besar kemungkinan yang menjadi penyebab indikator bensin ngaco adalah kumparan pada fuel gauge indicator ini sudah lemah akibat nilai tahanan pada kumparan sudah membesar.

Meningkatnya nilai tahanan pada kumparan akan mempengaruhi medan magnet yang akan menggerakkan jarum indikator bensin sehingga menjadi ngaco.

Penyebab lemahnya kumparan ini, umum terjadi akibat faktor usia pemakaian dan sering ditemukan pada mobil-mobil yang usianya sudah diatas 10 tahun.

Baca juga :


3. Rangkaian kelistrikan indikator bensin bermasalah


Penyebab indikator bensin mobil ngaco selanjutnya adalah karena rangkaian kelistrikan indikator bensin bermasalah. Masalah pada rangkaian kelistrikan indikator bensin ini pada umumnya diakibatkan oleh beberapa hal seperti diantaranya :
  • Sekring indikator bensin putus
  • Socket dan kabel-kabel indikator bensin ada yang putus
  • Kabel-kabel indikator bensin ada yang short / korslet
  • Hubungan ground (massa) dari indikator bensin kurang baik 

Masalah masalah pada rangkaian kelistrikan indikator bensin ini lebih sering ombro temukan akibat binatang pengerat seperti tikus yang menggigiti sebagian kabel-kabel indikator bensin atau socket menuju fuel sender gauge yang terlepas akibat klip pengikatnya patah.

Kondisi rangkaian indikator bensin yang bermasalah ini dapat menjadi penyebab indikator bensn mobil ngaco.


4. Komponen IC untuk fuel indicator rusak


Penyebab Indikator bensin mobil ngaco yang terkahir ombro ketahui adalah akibat komponen IC untuk fuel indicator model digital ini rusak. Ya, untuk indikator bensin dengan model digtal, umumnya sudah menggunakan IC yang dipasangkan langsung ada panel instrument dashboard.

Komponen IC ini sangat rentan terhadap short yang mungkin terjadi pada rangkaian kelistrikan indikator bensin seperti pada contoh penyebab no 3 sebelumnya. Kerusakan IC untuk indikator bensin ini aan menyebabkan indikator bensin mobil menjadi ngaco.

Demikanlah artikel tentang penyebab indikator bensin mobil ngaco yang bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Masalah-Mobil